Tuesday, June 5, 2018

Tour Berastagi

Paket Tour Medan: Wisata Air Panas Lau Sidebuk-Debuk


Potensi Wisata Air Panas di Tanah Karo

Kabupaten Karo adalah salah satu daerah tingkat dua di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Daerah ini memiliki alam wisata yang cantik, dan menjadi salah satu destinasi paling favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Tidak hanya wisatawan domestik tapi juga manca negara.

Salah satu wisata yang unik dalam kategori paket wisata Medan dan juga banyak dikunjungi adalah pemandian alam air panas Sidebuk Debuk. Tempat pemandian air panas alami ini terletak di Desa Sideuk Debuk, sekitar 30 menit sebelum Berastagi, Kabupaten Karo, atau di sebelah selatan Gunung Sibayak.

Lokasi Sidebuk-Debuk

Perjalanan menuju ke Desa Sidebuk-Debuk ke lokasi pemandian air panas ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan Gunung Sibayak dan ladang pertanian milik penduduk setempat yang sudah terbiasa menjadi laluan program paket tour Medan. Udara yang sejuk di wilayah ini membuat pengunjung akan semakin betah dalam menikmati sejuknya alam pedesaan yang masih asri. Jalur ini juga jalur pendakian ke Gunung Sibayak. Yang menarik dari tempat wisata ini adalah kolam air panas beraroma sulfur atau belerang. Air panas di pemandian Sidebuk Debuk ini dipercaya bisa menghilangkan penyakit gatal-gatal atau kulit lainnya seperti panu, kadas dan kurap.

Aliran Air panas belerang dialirkan dari rekahan Gunung Sibayak melalui pipa-pipa ke kolam pemandian. Ukuran kolam dan tingkat panasnya bervariasi, dan serbuk belerang di jual lima ribu Rupiah per bungkus di sekitar kolam pemandian.

Fasilitas lain yang tersedia di kawasan wisata ini adalah toilet, kamar ganti, sewa pakaian untuk mandi dan penginapan murah untuk pengunjung yang hendak bermalam di taman wisata ini. Untuk diketahui, lokasi Taman Wisata Sidebuk Debuk dulunya sebagai cagar alam, yaitu atas dasar dasar Keputusan Raja Deli tanggal 30 Desember 1924. Namun sejak tanggal 9 Mei 1980, status Cagar Alam itu diubah menjadi Taman Wisata atas dasar Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 320/Kpts/Um/5/1980 dengan wilayah luas 7 Ha.

Tips Nyaman Berwisata di Air Panas Sidebuk-Debuk

Di bawah ini adalah tips yang bisa kamu ikuti untuk kenyamanan berwisata di daerah Sidebuk-Debuk:

1.    Banyak Pilihan Kolam

Begitu anda sampai di Lau Sidebuk-Debuk, banyak pilihan kolam renang air panas yang bisa didatangi. Pastikan anda memilih yang banyak kolamnya dengan variasi tingkat kepanasan yang berbeda-beda. 

2.    Parkir Nyaman

Satu hal yang tidak boleh dilupakan, kami anjurkan anda memilih lokasi yang halaman parker kenderaannya memadai, terlebih bila anda membawa kenderaan roda 4 yang tentu saja anda membutuhkan space yang cukup lapang agar parkirnya nyaman.

3.    Tersedia Kamar Mandi Yang Nyaman

Selain kolam renang dan parkir yang nyaman, anda juga harus memastikan bahwa kolam air panas mempunyai toilet dan kamar ganti yang nyaman dan bersih agar wisata mandi air panas anda betul-betul memuaskan.

Untuk informasi paket wisata di daerah lain, anda dapat menemukannya di website resmi kami https://tobawisata.com. Silakan akses website tersebut setiap saat.