Tuesday, June 5, 2018

Bahorok Kabupaten Langkat


Bahorok adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Indonesia. Beribu kota di kelurahan Bahorok,sebagian wilayah
kecamatan ini terletak di dalam Taman Nasional Gunung Leuser termasuk Bukit Lawang. Merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Langkat yang berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh. Terdapat 1 buah SMU negeri dan beberapa SMU swasta di kecamatan ini dan 5 SLTP Negeri.

Dahulu Bahorok sebagai bagian dari Kesultanan Langkat pada pemerintahan setingkat negara bagian atau Luhak Langkat Hulu yang berkedudukan di Binjai dipimpin oleh Tengku Pangeran Adil. Wilayah ini terdiri dari 3 Kejuruan dan 2 Distrik, yaitu:
  1. Kejuruan Selesai
  2. Kejuruan Bahorok
  3. Kejuruan Sei Bingai
  4. Distrik Kwala
  5. Distrik Salapian

Tempat wisata Bukit Lawang terletak di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, tempat ini telah menjadi kawasan konservasi orang hutan sejak tahun 1973. Tujuan dibentuknya tempat ini adalah untuk mencegah kepunahan orang hutan akibat perburuan dan perusakan hutan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Objek wisata Bukit Lawang tidak hanya sering didatangi oleh turis lokal, namun juga turis mancanegara. Tempat ini biasanya ramai saat musim liburan tiba.



Selain orang hutan, atraksi utama di kawasan ini adalah pemandangan alamnya yang menawan. Pengunjung yang datang rata-rata dari daerah Medan, Deli Serdang, Langkat, dan Binjai. Di dalam kawasan hutan ini, terdapat sungai Bahorok yang memiliki air dingin dan dari sini anda juga bisa melihat hijaunya Bukit Barisan.

Tempat ini berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang memiliki lahan luas dengan bentangan area hingga provinsi Aceh dan menjadi tempat konservasi alam serta penangkaran orang hutan yang menjadi destinasi wisata menarik di kawasan Bukit Lawang yang diminati oleh para wisatawan mancanegara.

Kawasan tempat wisata Bukit Lawang dibelah oleh Sungai Bahorok yang merupakan anak sungai Wampu. Di kawasan tempat wisata pun terdapat beberapa goa yang terbentuk dari proses alam.
Pada umumnya wisatawan mancanegara mengunjungi objek wisata alam Bukit Lawang untuk mengunjungi tempat penangkaran orangutan dan melakukan rafting di aliran sungai Bahorok.