Monday, June 4, 2018

Istana Maimun Medan


Istana Maimun adalah salah satu bangunan sebagai ikon Kota Medan yang terletak di Jl. Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Propinsi Sumatera Utara.

Istana ini merupakan istana Kesultanan Deli yang dibangun oleh arsitek Italia pada masa kepemimpinan Sultan Makmun Al-Rashid pada tahun 1888. Pembangunan dimuali pada tanggal 26 Agustus 1888 dan selesai pada tanggal 18 Mei 1891.

Istana Maimun memiliki luas 2,772 m2 yang terdiri dari 2 lantai, yakni bangunan induk, sayap kiri dan sayap kanan dengan jumlah ruangan sebanyak
30 ruang.

Istana Maimun ramai dikunjungi wisatawan bukan hanya karena usia bangunan yang sudah cukup tua, melainkan juga karena keunikan desain interior di dalam ruangan istana yang menggambarkan keunikan budaya Melayu. Karena itu, saat ini Istana Maimun menjadi salah satu destinasi wajib untuk dikunjungi baik wisatawan lokal maupun manca negara. 

Anda dapat mengambil gambar di luar dan di dalam ruangan istana. Bila perlu anda dapat menyewa pakaian Melayu untuk berfoto di Istana Maimun.